Selasa, 17 November 2009

Penanganan Masalah Komputer

Penanganan Masalah Motherboard

Masalah : Setelah komputer dihidupkan tampilan di monitor tidak ada, lampu indikator (led) monitor berkedip-kedip, kipas power supply dan kipas processor berputar, tidak ada suara beep di speaker.

Penanganan : Lepas semua kabel power yang terhubung ke listrik, kabel data ke monitor, kabel keyboad/mouse, dan semua kabel yang terhubung ke CPU, kemudian lepas semua sekrup penutup casing. Dalam keadaan casing terbuka lepaskan juga komponen- komponen lainnya, yaitu kabel tegangan dari power supply yang terhubung ke Motherboard, harddisk, floppy, hati-hati dalam pengerjaannya jangan terburu-buru. Begitu juga dengan Card yang menempel pada Mboard (VGA, Sound atau Card lainnya). Sekarang yang menempel pada cashing hanya MotherBoard saja. Silahkan anda periksa Motherboadnya dengan teliti, lihat Chip (IC), Elko, Transistor dan yang lainnya apakah ada yang terbakar.

Jika tidak ada tanda-tanda komponen yang terbakar kemungkinan Motherboard mas
ih bagus, tapi ada kalanya Motherboard tidak jalan karena kerusakan pada program yang terdapat di BIOS



Penanganan Masalah Mouse

Pointer di layar tidak bergerak walaupun mouse sudah digerakkan kesegala arah.
Hal ini bisa terjadi karena tidak pas saat memasang konektor mouse ke CPU atau ada kabel mouse yang putus.

Pointer bergerak tidak normal atau hanya bergerak horizontal atau vertikal.
Biasanya disebabkan oleh kotoran yang menempel pada roller yang menyebabkan bola tidak menggelinding dengan normal. Sedangkan pada mouse optik biasanya disebabkan karena kabel pangkal pada kepala mouse putus atau sensor optik sudah melemah.

Solusi
Bersihkan kotoran yang terdapat pada roller sensor.Bersihkan bola dengan air panas.Pada mouse optik, dengan menggerak-gerakkan kabel yang terdapat pada ujung kepala mouse dan memastikan jika lampu sensor masih hidup dengan terang.Jika cara cara tersebut tidak dapat memperbaiki kinerja mouse menjadi normal kembali, mouse harus diganti dengan yang baru.



Penanganan Masalah Keyboard

Tombol keyboard tidak berfungsi.
Kemungkinan disebabkan oleh Konektor keyboard renggang.Coba ganjal konektor dengan kertas atau ganti dengan konektor keyboard yang baru.

Kabel data putus.
Ganti dengan kabel data yang baru IC keyboard rusak.Ganti dengan IC keyboard yang lain atau ganti dengan keyboard yang baru.

Beberapa tombol pada keyboard tidak berfungsi
Hal ini biasanya disebabkan oleh debu/kotoran yang menempel pada jalur PCB keyboard atau bisa juga jalur PCB ada yang putus. Coba buka penutup keyboard dan bersihkan semua elemen yang ada didalamnya. Jika ada jalur yang putus ukur dengan AVO meter dan jalur yang putus dapat disambung kembali dengan timah atau yang lain.

Penggandaan pada saat menekan salah satu tombol pada keyboard (misalnya menulis huruf "D" menjadi "DDD")
Hal ini biasanya dikarenakan tombol pada keyboard sudah lemah atau terdapat kotoran yang menempel di dalam tombol. Ganti salah satu tombol yang lemah itu dengan yang baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar